LAPORAN PENELITIAN KEHUMASAN
DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
Oleh :
· Edy Kurniawan (098 554 213)
· Nur Laily Mufrita (098 554 295)
· Nur Alamiyah (098 554 296)
· Umi Nur Cholis (098 554 302)
· Titin Hidayati (098 554 327)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapakan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, telah diselesaikannya penyusunan laporan “Kehumasan di SMK Negeri 3 Surabaya”. Tujuan diterbitkannya laporan ini adalah untuk menyelesaikan sebuah tugas dari mata kuliah “Humas”. Dan tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada dosen pangajar humas, yang telah memberikan tugas ini sehingga kami lebih mendalami, serta memahami mata kuliah humas.
Penulis telah berusaha menyajikan laporan ini dengan sebaik-baiknya, tetapi kekurangan dan kesalahan pasti masih ada. Memang benar kata orang bijak bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Atas dasar kenyataan ini, tegur sapa, saran, dan kritik yang membangun agar penyajian dalam laporan ini menjadi lebih baik, sangatlah kami harapkan dan kami terima dengan tangan terbuka.
Akhirnya dengan adanya laporan ini maka penulis berharap makalah ini akan bermanfaat bagi para pembaca.
Surabaya, Nopember 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantar ……………………….. i
Daftar isi …………………………...… ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar belakang ………............. 1
B. Perumusan masalah ………..... 2
C. Tutjuan pembelajaran ……...... 2
BAB 2 PEMBAHASAN
v Dokumentasi............................. 3
A. Profil SMK Negeri 3 Surabaya..................... 4
1. Visi dan Misi SMK Negeri 3 Surabaya.... 4
2. Tujuan SMK Negeri 3 Surabaya............. 4
3. Keunggulan yang dimiliki SMK Negeri 3 Surabaya....... 5
4. Sistem Pendidikan SMK Negeri 3 Surabaya................ 5
5. Fasilitas Pendidikan SMK Negeri 3 Surabaya.............. 5
B. Program keahlian SMK Negeri 3 Surabaya....................... 6
C. Instansi yang bekerjasama dengan SMK Negeri 3 Surabaya.... 6
D. Kompetensi lulusan SMK Negeri 3 Surabaya.................... 7
E. Sistem kehumasan SMK Negeri 3 Surabaya.................... 12
F. Kegiatan Rohani SMKN 3 Surabaya……....................... 13
G. Lampiran ………………………………………...……. 13
BAB 3 PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………….. iii
B. Saran …………………………………………...……. iii
C. Daftar Pustaka …………………………………….…. iv
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Sebuah sekolah pada dasarnya memiliki keunggulan-keunggulan yang berbeda-beda. Dan mereka mempunyai cara tersendiri untuk mempromosikan sekolah mereka. Salah satunya dengan adanya humas disekolah.
Hubungan Masyarakat, atau sering disingkat humas (public relation) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu / organisasi.
Humas dibentuk untuk menunjukkan citra positif suatu organisasi sekaligus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.
Selain itu setiap fungsi dan tugas humas adalah menyelenggarakan publikasi atau menyebarluaskan informasi melalui berbagai media tentang aktivitas atau kegiatan perusahaan atau organisasi yang pantas untuk diketahui oleh publik. Oleh karena itu sekolah juga memerlukan peran humas untuk mempublikasikan organisasi mereka agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui kondisi dan keunggulan-keunggulan sekolah tersebut.
B. Rumusan Masalah.
1. Bagaimanakah profil SMK Negeri 3 Surabaya ?
2. Apa saja program keahlian yang ada di sekolah SMK Negeri 3 Surabaya ?
3. Bagaimana kompetensi lulusan SMK Negeri 3 Surabaya ?
4. Bagaimanakah sistem kehumasan yang ada disekolah SMK Negeri 3 Surabaya ?
C. Tujuan.
Agar pembaca dan masyarakat dapat mengetahui ruang lingkup SMK Negeri 3 Surabaya secara jelas dan memahami sistem kehumasan yang seharusnya dilaksanakan agar proses promosi sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik.
BAB II
PEMBAHASAN
Dokumentasi :
A. Profil SMK Negeri 3 Surabaya.
SMK Negeri 3 Surabaya dahulu bernama STM Negeri 3 Surabaya, berdiri tahun 1955. Dulu beralamat di Jl. Patua No. 26 Surabaya, sejak tahun 1973 pindah alamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Gayungan Surabaya.
1. Visi dan misi SMK Negeri 3 Surabaya.
Visi :
Menjadi SMK yang menghasilkan tamatan yang menguasai Imtaq dan Iptek yang dapat bersaing di era global.
Misi :
a. Menyelenggarakan layanan pendidikan yang menyenangkan dan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang bisa bersaing.
b. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi handal untuk bersaing di era global.
2. Tujuan yang ingin dicapai SMK Negeri 3 Surabaya.
Sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah bertujuan :
Menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan profesional sesuai dengan tuntutan Dunia Kerja.
3. Keunggulan yang dimiliki SMK Negeri 3 Surabaya.
- SMK Negeri 3 Surabaya merupakan Sekolah Berstandard Nasional (SSN) untuk program keahlian Teknik Mekanik Otomotif (MO)
- Dua tahun berturut-turut meloloskan guru dan siswa ke Luar Negeri, yaitu tahun 2007 ke Korea Selatan dan tahun 2008 ke Australia
- Sering menjuarai lomba-lomba ketrampilan siswa, baik tingkat Jawa Timur maupun Nasional.
- Mempersiapkan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu Internasional, akhirnya pada tanggal 28 Maret 2009, SMK Negeri 3 Surabaya berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, dan menjadikan SMK Negeri 3 sebagai lembaga pendidikan yang pertama kali menerima sertifikasi ISO 9001:2008.
4. Sistem Pendidikan SMK Negeri 3 Surabaya.
- Lama Pendidikan : 3 tahun
- Kurikulum yang dipakai kurikulum 2004 dan KTSP yang sudah disinkronisasi dengan DU/DI.
- Sistem pembelajaran : menggunakan modul
- On the job training di Industri / Prakerin selama 6 bulan.
- Ekstra Kurikuler, bola volley, basket, futsal, sepak bola, dayung, ski & renang.
5. Fasilitas Pendidikan SMK Negeri 3 Surabaya.
Untuk menunjang kualitas pendidikan di SMK Negeri 3 Surabaya dilengkapi Sarana dan Prasarana yaitu : Ruang teori untuk pelajaran Normatif, Adaptif dan Produktif.
Ruang praktek / bengkel / laboratorium untuk mata pelajaran produktif meliputi :
- Tek.Gamb.Bangunan : Bengkel Kerja Batu, Kerja Kayu, Ukur Tanah, Ruang Gambar, Auto Cad.
- Tek.Audio Video : Ruang Pengukuran, Ruang Audio, Tek. Digital, Tek. Gel. Mikro, Lap. Komputer I dan II.
- Tek. PfL. : Bengkel Kerja Bangku, Instalasi Listrik, Lab. Microcontrol dan Pengukuran, PLC.
- Tek. Pemesinan : Bengkel Bubut, Las, Kerja Bangku, CNC, R. CADD.
- Tk. MekaniK Otomotif : Kelistrikan, Chasis, Body Repair, Kerja Bangku, Sepeda Motor
- Lab. Komputer
- Lab. Bahasa Inggris
- Lapangan Olahraga : Sepakbola mini (futsal) dan basket.
- Ruang BKK, Prakerin, BK, KOPSIS, UKS, OSIS, Masjid, Tata Laksana dll.
B. Program Keahlian SMK Negeri 3 Surabaya.
No | Program Keahlian | Jumlah Kelas | Daya Tampung |
1 | Tek. Gambar Bangunan | 3 | 108 |
2 | Tek. Pemanfaatan Tenaga Listrik | 3 | 108 |
3 | Tek. Audio Video | 3 | 108 |
4 | Tek. Permesinan | 3 | 108 |
5 | Tek. Mekanik Otomotif | 3 | 108 |
6 | Multimedia | 3 | 72 |
C. Instansi yang telah bekerjasama dengan SMK Negeri 3 Surabaya :
Ø Jurusan Otomotif :
· Astra Internasional
· UMC, suzuki ayani.
· Toyota, auto 2000
Ø Jurusan Mesin :
· PT. Barata Indonesia
Ø Jurusan Listrik :
· Hotel Equator
· PT. Surya Multi
· CV. Marina
· PT. PLN Persero
· PT. Club House
· PT. Philip Indonesia
Ø Jurusan Multimedia :
· Metro TV
D. Kompetensi lulusan SMK Negeri 3 Surabaya.
1. Teknik Gambar Bangunan :
- Profil Kompetensi
i. Menggambar Teknik
ii. Melaksanakan pekerjaan dasar
iii. Survey, Konstruksi Bangunan
iv. Menghitung : Statika & Konst.Bangunan
v. Merencanakan dan menggambar : Bangunan Gedung, air, jalan dan jembatan
- Bidang Pekerjaan
i. Pekerjaan survey dan pemetaan
ii. Gambar Autocad
iii. Pekerjaan Konstruksi Bangunan
- Posisi / Jabatan
i. Drafter ( Juru Gambar )
ii. Estimator ( RAB )
iii. Pengawas
iv. Pelaksana / Ass.Pelaksana
2. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik
a. Profil Kompetensi :
i. Mengoperasikan peralatan pengalih daya, tegangan rendah dan tinggi.
ii. Mengoperasikan mesin dengan kendali elektro mekanik, elektronik dan PLC.
iii. Perawatan dan perbaikan peralatan listrik
b. Bidang Pekerjaan :
i. Pekerjaan peralatan pengalih daya tegangan rendah dan tinggi.
ii. Pekerjaan mengoperasikan mesin dengan kendali elektro mekanik, elektronik dan PLC.
iii. Pekerjaan perawatan dan perbaikan peralatan listrik
c. Posisi / Jabatan :
i. Operator.
ii. Instalatir.
iii. Programer PLC.
iv. Teknisi AC .
v. Rewinding
3. Keahlian Teknik Audio Video (TAV)
a. Profil Kompetensi :
i. Mengoperasikan peralatan Audio Video.
ii. Menginstalasikan sistim Audio Video.
iii. Melakukan trouble shhoting elektronika.
iv. Mereparasi : power supply, amplifier, TV, VCD, CD player, radio dll.
b. Bidang Pekerjaan :
i. Pekerjaan perawatan dan perbaikan sistim Audio Video,
ii. Pekerjan perawatan & perbaikan TV, VCD, CD player, radio dll.
iii. Pekerjaan perakitan Audio Video, TV,VCD player, radio dll.
c. Posisi / Jabatan :
i. Operator.
ii. Maintenance dan repair.
iii. Quality control
4. Teknik Pemesinan.
a. Profil Kompetensi
i. Membaca Gambar Teknik.
ii. Menggunakan Perkakas tangan.
iii. Membubut kompleks.
iv. Mengefrais kompleks.
b. Bidang Pekerjaan
i. Pekerjaan menggambar.
ii. Pekerjaan Konstruksi Mesin.
iii. Pekerjaan assembling.
d. Posisi / Jabatan
i. Operator Mesin Umum
ii. Operator Mesin Perkakas
iii. Juru gambar
5. Teknik Mekanik Otomotif
a. Profil Kompetensi.
i. Perawatan & perbaikan sistim engine.
ii. Perawatan & perbaikan sistim ke – listrikan.
iii. Perawatan dan perbaikan chasis dan body.
iv. Perawatan dan perbaikan sistim pendingin.
b. Bidang Pekerjaan .
i. Pekerjaan motor bensin & diesel.
ii. Pekerjaan sistim kelistrikan.
iii. Pekerjaan chasis dan body.
iv. Pekerjaan sistim pendingin.
c. Posisi / Jabatan .
i. Mekanik yunior engine.
ii. Mekanik yunior kelistrikan mobil.
iii. Mekanik yunior chasis dan body.
iv. Teknisi sistim pendingin
6. Multimedia
a. Profil Kompetensi.
i. Mengoperasikan periferal dan software multimedia.
ii. Mengoperasikan softaware animasi 2 dimensi.
iii. Mengoperasikan periferal dan software Web.
iv. Mengoperasikan software animasi 3 dimensi.
v. Mengoperasikan periferal dan software penyunting video.
b. Bidang Pekerjaan .
i. Pengembang Web ( Web Development ).
ii. Pengembang Game ( Game Development ).
iii. Pengembang Multimedia.
iv. Production House.
v. Pekerjaan di Industri media dan Periklanan.
c. Posisi / Jabatan.
i. Operator Web.
ii. Operator Multimedia.
iii. Desainer Web.
iv. Penyunting Video.
v. Pembuat animasi
E. Sistem Kehumasan SMK Negeri 3 Surabaya.
Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi.
Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.
Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
a. Peran Kehumasan SMK Negeri 3 Surabaya :
Melakukan promosi sekolah melalui :
1. Membuat profil sekolah melalui internet.
2. Bekerjasama dengan instansi-instansi / perusahaan untuk menjalin kontrak kerja dengan siswa-siswi mereka.
3. Melalui alumni-alumni yang telah terjun di dunia kerja.
4. Mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh pemerintah.
b. Sistem pengawasan SMK Negeri 3 Surabaya :
1. Kurikulum
2. Sarana dan Prasarana
3. SDM
4. Kehumasan
c. Penimgkatan sistem kehumasan :
Ø Memaksimalkan sistem kehumasan yang sudah ada.
d. Hambatan dalam menjalankan kehumasan :
Ø Kekurangan sedikit kelas karena kurangnya lahan yang luas.
F. Kegiatan Rohani SMKN 3 Surabaya
· Kultum atau siraman rohani yang dilakukan setiap hari Jumat pagi dan diikuti oleh seluru siswa di masjid sekolah.
· Solat Dhuha yang dilakukan setiap hari Jumat pagi dan diikuti oleh seluru siswa di masjid sekolah.
· Istighosa bersama yang dilakukan setiap hari Jumat pagi setelah solat dhuha dan diikuti oleh siswa kelas 3 di masjid sekolah.
· Istighosa akbar yang dilaksanakan setiap 1 kali dalam sebulan dikui oleh siswa kelas 3.
· Solat Idul fitri dan Idul Adha yang wajib diikuti leh seluruh sisiwa setiap tahunnya.
· Halal bihalal ke rumah guru-guru setiap hari raya idul fitri.
G. Lampiran :
1. Logo SMKN 3 Surabaya
2. Artiel Prestasi SMAN 3 Surabaya
Alumni SMKN 3 Surabaya, Perakit Robot Pendeteksi Kebakaran
Jika pada umumnya pelajar lulus dari sekolah semakin lupa dengan apa yang mereka dapat di sekolah, tidak dengan Riski Karyanto, salah satu pelajar yang baru saja menyelesaikan studinya di SMKN 3 Surabaya. Satu hal membanggakan telah berhasil ia ciptakan, ia menciptakan robot pendeteksi kebakaran justru di saat dirinya lulus dari sekolah. Ia dan tim dari kelas XII SMKN 3 Surabaya merakit robot bertenaga surya yang mampu mendeteksi api dengan jarak sejauh 1.200 meter. Secara teknis cara kerja robot ini cukup sederhana.Baterai yang terdapat di bawah robot akan terisi energi matahari.Cahaya yang ditangkap panel surya dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu saat diperlukan. Selain itu didalam robot ini juga terdapat tangki air yang berfungsi untuk menyimpan air penyiram api.Ketika robot mendeteksi adanya api, alat penyemprot yang terdapat di kepala robot akan berputar - putar ke depan dan ke samping 180 derajat. "Saat diuji coba oleh MURI, apinya berasal dari lilin. Arah jalan robot juga disetting mengikuti kertas putih yang ditempel sebagai rute", ujar Riski.Robot yang memiliki bentuk seperti mobil ini juga dilengkapi sensor panas atau UV tron. Dengan adanya UV tron inilah robot yang dirancang dengan empat roda ini dapat mendeteksi kebakaran dengan jarak terjauh 1,2 km. Kedua roda depan robot otomatis yang telah meraih penghargaan dari MURI ini adalah jenis roda omnidrive.Roda inilah yang membuat pergerakan robot leluasa ke berbagai arah.Sedangkan roda belakang adalah jenis roda racikan Riski sendiri.(kilasberita.com/pit) |
3. GAmbaran lingkungan sekolah
Labolaturium Komputer
Ruang Administrasi
Mading Sekolah
Tatib Sekolah
Tatib Sekolah
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pekerjaan seorang humas adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang humas dalam mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan seluruh fakta-fakta tentang runtutan situasi atau sebuah situasi dengan sedemikian rupa sehingga mendapatkan simpati akan kejadian tersebut. Pada umumnya kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan, dan apatis. Seorang petugas humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.
SMK Negeri Surabaya adalah sekolah yang mempuyai sistem kehumasan yang cukup baik untuk mempromosikan sekolahnya pada masyarakat.
B. Saran
Kemajuan teknologi yang semakin meningkat membuat sistem humas yang ada disekolah harus lebih maju dan berkembang. Seiring perubahan zaman masyarakat ingin lebih mudah dalam memperoleh informasi tentang suatu lembaga atau organisasi. Dengan itu sistem humas harus mengembangkan tugasnya melalui internet dan sebagainya, bukan hanya melalui brosur atau bekerjasama dengan instansi yang sudah ada.
C. Daftar Pustaka
· SMK Negeri 3 Surabaya
· http://www.kilasberita.com
· Bagian Kehumasan SMK Negeri 3 Surabaya
SMK Negeri 3 Surabaya Memang OK.
BalasHapushttp://indonesiabrilliant.blogspot.com
smk negri 3 sby is the best
BalasHapusSalam
sewa bus di surabaya
sewa alphard di surabaya
sewa hiace di surabaya
sewa inova reborn di surabaya